Ngoding Jadi Solusi

First, solve the problem. Then, write the code

Ads Here

Friday, August 25, 2017

Membuat server lokal dengan XAMPP

INSTALASI XAMPP

XAMPP merupakan singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P). Merupakan software yang ringan, sederhana berisi distribusi Apache untuk mempermudah bagi para developer website untuk menciptakan web server local untuk tujuan pengetesan aplikasi/script.

Semua yang dibutuhkan untuk sebuah local web server ? aplikasi server (Apache), database (MySQL), dan bahasa program (PHP) ? telah disertakan dalam bentuk file ekstrak yang sederhana. XAMPP tersedia dalam bentuk cross-platform, yang berarti dapat dijalankan di Linux, Mac dan Windows.

Karena lingkungan web server sebenarnya (live server) memiliki komponen yang nyaris sama dengan XAMPP, maka transisi dari local server ke live server menjadi sangat mudah.


Apa yang disertakan dalam XAMPP?

XAMPP memiliki 4 komponen utama. Berikut penjelasannya:


Apache: Apache adalah aplikasi web server yang popular yang memproses dan menyajikan konten web ke computer. Apache merupakan web server online yang digunakan hampir 54% dari keseluruhan website yang ada.

MySQL: Setiap aplikasi web, entah itu sederhana atau kompleks, membutuhkan database untuk menampung data yang terkumpul. MySQL, software open-source, adalah database management system yang paling popular di dunia. Digunakan mulai dari penghobi website hingga professional platform seperti Drupal.

PHP: PHP memiliki kepanjangan Hypertext Preprocessor. Adalah script/kode program yang aktif di server untuk menjalankan berbagai website termasuk Drupal, Joomla, Wordpress hingga Facebook. Sifatnya yang open source dan mudah dipelajari serta berjalan dengan sempurna dengan MySQL, membuatnya menjadi pilihan utama para web developer.

Perl: Perl adalah high-level, dynamic programming language yang banyak digunakan di pemrograman jaringan, system admin, dan lainnya. Meskipun kalah popular untuk tujuan pengembangan web. Perl masih banyak digunakan untuk aplikasi tertentu.

Bagaimana menginstal XAMPP?

[Dalam tutorial ini kami anggap anda menggunakan Windows PC, meskipun instruksi dibawah juga bisa digunakan untuk computer Mac. Pengguna Linux sebaiknya membaca XAMPP Linux Installation Guide).

Buka alamat website ApacheFriends.org, dan anda bisa temukan banyak versi dari XAMPP.


Menginstal XAMPP

Berikut langkah-langkah instalasi XAMPP:

Langkah 1 : Nonaktifkan anti-virus di computer anda, karena dapat menyebabkan gangguan pada waktu proses instalasi komponen XAMPP

Langkah 2 : Mulai proses instalasi dengan dobel-klik pada installer XAMPP. Klik ?Next? setelah layar instalasi ditampilkan



Langkah 3 : Pilih komponen yang ingin diinstall. Pilih default selection dan klik Next


Langkah 4 : Pilih folder yang diinginkan. Folder ini akan menampung semua aplikasi web anda kedepannya, jadi pastikan pilih drive dengan kapasitas yang masih cukup besar.


Langkah 5 : Langkah berikutnya adalah promosi dari BitNami, toko aplikasi untuk software server. Jangan centang/check pada checkbox ?Learn more about BitNami for XAMPP?, karena email anda akan mendapat email-email promosi.

Langkah 6 : Sekarang sudah siap untuk melakukan instalasi XAMPP. Klik Next dan tunggu installer untuk unpack dan menginstal komponen yang sudah anda pilih. Ini membutuhkan beberapa menit. Saat proses berjalan, mungkin akan ada beberapa pertanyaan untuk menyetujui akses Firewall bagi beberapa komponen seperti Apache.

Langkah 7 : Proses instalasi sekarang sudah selesai. Pilih checkbox ?Do you want to start the Control Panel now?? untuk membuka control panel XAMPP.



Mengenal XAMPP Control Panel

XAMPP control panel memberikan control penuh terhadap semua komponen XAMPP yang sudah diinstal. Anda dapat menggunakan control panel untuk start/stop berbagai module, menjalankan Unix shell, membuka Windows explorer dan melihat jalannya proses server di background.

Berikut ini penjelasan singkat Control Panel. Saat ini anda perlu tahu dulu mengenai bagaimana stop dan start Apache server.


Menjalankan XAMPP

Ikuti langkah berikut untuk melakukan test XAMPP dengan menjalankan Apache web server dan membuat php file sederhana.
Langkah 1 : Klik ?Start? pada Apache module. Langkah ini untuk mengaktifkan Apache webserver.
Langkah 2 : Buka web browser dan ketik : http://localhost atau 127.0.0.1

Langkah 3 : Kita sekarang mencoba melakukan test apakah XAMPP telah dapat menjalankan PHP. Buka Notepad atau sublime text dan ketik :

<?php echo 'Hello World'; ?>

Simpan file ini dengan nama test.php di dalam folder : c:\xampp\htdocs\ (atau di direktori tempat anda menginstall XAMPP)

Langkah 4 : Pada web browser ketik : localhost/test.php . Apabila sukses, anda akan melihat tulisan Hello World.


Ini berarti proses instalasi XAMPP telah berhasil dan sekaligus menulis program PHP pertama anda.

No comments:

Post a Comment