Ngoding Jadi Solusi

First, solve the problem. Then, write the code

Ads Here

Saturday, November 24, 2018

Text editor buat kamu jadi semangat ngoding

Bagi kalian yang ingin belajar pemrograman web, Anda memerlukan Text Editor sebagai tempat menulis kode program. Selain itu Text Editor  juga berfungsi dalam membuat file-file webnya seperti file HTML, CSS, JavaScript, dll.  Terdapat banyak sekali text editor yang bisa di unduh di internet,baik gratis maupun berbayar.
Bingung dalam memilih Text Editor yang sebaiknya digunakan? Berikut rekomendasi text editor gratis dan terbaik yang dapat kalian sukai & membuat kalian menjadi semangat ngoding.  Meskipun text editor ini gratis namun fitur-fiturnya tidak kalah dengan yang berbayar.

1. Visual Studio Code




Visual Studio Code adalah editor kode open source atau gratis yang ringan namun kuat yang berjalan di desktop dan tersedia untuk Windows, macOS dan Linux. Muncul dengan dukungan built-in untuk JavaScript, TypeScript dan Node.js dan memiliki ekosistem ekstensi yang kaya untuk bahasa lain (seperti C ++, C #, Java, Python, PHP, Go) dan runtimes (seperti .NET dan Unity) .
Dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, Linux dan macOS. Dalam Survei Pengembang Stack Overflow 2018, Visual Studio Code menduduki peringkat alat lingkungan pengembang yang paling populer, dengan 34,9% dari 75.398 responden yang telah menggunakannya. Mari kita lihat fitur-fitur dari Visual Studio Code:

  1. dukungan untuk debugging, kontrol Git tertanam, penyorotan sintaks, penyelesaian kode cerdas, cuplikan, dan refactoring kode.
  2. pengguna dapat mengubah tema editor, pintasan keyboard, dan preferensi.
  3. minemap, split, autocomplete dll.
2. Sublime Text 3


Sublime Text adalah editor kode lintas platform yang cepat dan ringan yang dikemas dengan fitur dan plugin yang disukai pengembang. Merupakan salah satu editor kode terbaik, Sublime Text yang ringkas dan kuat. Selain fitur-fitur seperti IDE, ia memiliki Python Scripting dengan kemampuan untuk menyesuaikan editor. Mari kita lihat fitur-fitur dari Sublime Text:

  1. menawarkan dukungan lintas-platform dan memiliki antarmuka yang ramah.
  2. dapat mendeteksi sintaks dan highlight the error atau menyoroti kesalahan.
  3. memungkinkan Anda memilih dan mengedit beberapa baris dan memiliki opsi untuk pengalihan file secara instan.
3. Atom

Atom adalah text editor yang mirip seperti Sublime Text, namun fiturnya lebih lengkap dan nyaman digunakan. Atom sendiri adalah buatan Github yang merupakan perusahaan terkenal dengan layanan Cloud Computing untuk projek open source menggunakan Git. Atom ini gratis tidak menggunakan serial number untuk menggunakannya. Atom bekerja di berbagai sistem operasi seperti Windows, OSX, dan Linux. Alat ini dapat dikustomisasi untuk bekerja secara produktif tanpa membuat perubahan dalam file konfigurasi. Mari kita lihat fitur-fitur Atom:

  1. menemukan, preview, dan menggantikan teks saat Anda mengetik file atau di semua proyek Anda.
  2. Anda dapat membagi antarmuka menjadi beberapa panel sehingga Anda dapat membandingkan dan mengedit kode dengan mudah di antara jendela.
  3. Atom memiliki fitur autocomplete yang membantu menulis kode lebih cepat.Atom adalah editor lintas-platform open-source dari Github yang dapat Anda gunakan pada OS X, Windows atau Linux.
  4. Memiliki fitur sistem built-in yang memungkinkan Anda untuk menginstal paket baru atau membuat kustom sendiri.Pengembang menyukai Atom karena gratis, dapat disesuaikan, dan karena dibuat menggunakan teknologi web (HTML, JavaScript, CSS, dan Node.js). Salah satu keuntungan terbesar Atom adalah komunitas pengembang aktifnya yang telah menciptakan beberapa plugin dan tema.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

sumber kursuswebsite

3 comments: