Ngoding Jadi Solusi

First, solve the problem. Then, write the code

Ads Here

Saturday, December 1, 2018

yuk kenalan dengan VueJs

Judul kali ini pengen bahas frontend yakni Berkenalan dengan VueJS. Saya pilih VueJS untuk pembahasan kali ini bukan tanpa alasan, berdasarkan situs ini https://risingstars.js.org/2017/en/ VueJS menduduki peringkat pertama dan mengalahkan ReactJS yang sekarang ini juga lagi banyak digandrungi para programmer frontend.



Bahkan di web official nya vuejs sendiri mengatakan bahwa vuejs itu seperti mengambil kekuatan Angular + React dan membuang kelemahannya, serta menambahkan update tan baru yang kemudian terbentuklah VueJS (Ini bahasa saya sendiri sih :v).

Mari kita tarik lagi ke depan, apa sih VueJS itu? VueJS adalah javascript framework yang berfungsi untuk membangun sebuah UI / tampilan dari sebuah web. Jika pada laravel kita menemukan bentuk MVC (Model, View, Controller), berbeda dengan VueJS ini yang hanya menangani masalah di View nya saja dan sangat fokus pada pembangunan halaman frontend web. VueJS mempunyai tagline The Progressive Javascript Framework. Dan memang benar, setelah saya mempelajari vue, saya merasakan sekali betapa reactive nya framework ini.

Kelebihan lain yang bisa kita rasakan dengan adanya VueJS ini, kita bisa membangun sebuah website SPA (Single Page Application). Apa itu SPA? SPA adalah sebuah app / website dimana ketika kita berpindah halaman, browser tidak lagi melakukan reload seluruh element halaman, hanya content saja yang di load. Dengan begini sebuah web akan memberikan response yang lebih cepat. Selain itu, dengan SPA browser tidak perlu mendownload ulang element element yang sebelumnya sudah ada, dengan begini user bisa menghemat bandwidth dan paket data mereka. Insya Allah akan saya bahas khusus mengenai SPA vs Tradisional web di postingan berikutnya.

Ada lagi yang gak asing di telinga para pemain framework, yaitu component. VueJS ini merupakan framework yang berbasis component (seperti React, entah di framework yang lain juga sama atau engga, soalnya engga pernah nyobain selain react dan vue). Dengan menggunakan component ini, kita bisa memanfaatkan component ini di banyak halaman web. Kita perlu membuat satu component, dan bisa kita panggil di halamana manapun. Sangat praktis dan pastinya mempercepat development web kita.

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan teknologi Vue.js dalam pengembangan web.

1. Ukuran sangat kecil
Kesuksesan kerangka JavaScript tergantung pada ukurannya. Semakin kecil ukurannya, semakin banyak yang akan digunakan. Salah satu keuntungan terbesar dari teknologi ini adalah ukurannya yang kecil. Ukuran kerangka ini adalah 18-21 KB dan tidak ada waktu bagi pengguna untuk mendownload dan menggunakannya. Ini tidak berarti bahwa ia memiliki kecepatan rendah karena ukurannya yang kecil. Sebaliknya, ia mengalahkan semua kerangka kerja besar seperti React.js, Angular.js, dan Ember.js.


2. Mudah Memahami dan Mengembangkan Aplikasi

Salah satu alasan untuk popularitas kerangka kerja ini adalah mudah dimengerti. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan Vue.js ke proyek webnya karena strukturnya yang sederhana. Baik template skala kecil maupun besar dapat dikembangkan melalui kerangka kerja ini yang menghemat banyak waktu. Jika terjadi masalah, pengguna dapat dengan mudah melacak blok dengan kesalahan. Semua ini karena strukturnya yang sederhana.

3. Integrasi Sederhana
Teknologi ini juga populer di kalangan pengembang web karena memudahkan mereka untuk berintegrasi dengan aplikasi yang ada. Hal ini karena didasarkan pada framework JavaScript dan bisa diintegrasikan ke dalam aplikasi lain yang dibangun di JavaScript. Ini berarti bahwa ini berguna untuk mengembangkan aplikasi web baru serta mengubah aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Integrasi ini dimungkinkan karena Vue.js memiliki komponen untuk semuanya.

4. Dokumentasi Detil
Pengembang selalu ingin menggunakan kerangka kerja dengan dokumentasi terperinci karena selalu mudah bagi mereka untuk menulis aplikasi pertama mereka. Dokumentasi dengan Vue sangat komprehensif sehingga setiap pengguna yang tahu sedikit tentang JavaScript dan HTML dapat mengembangkan aplikasinya sendiri atau halaman webnya.

5-Fleksibilitas
Banyak fleksibilitas adalah keuntungan lain dari Vue.js. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menulis template-nya di file HTML, file JavaScript, dan file JavaScript murni menggunakan node virtual. Fleksibilitas ini juga mempermudah pemahaman para pengembang React.js, Angular.js, dan kerangka JavaScript baru lainnya. Vue.js telah terbukti sangat bermanfaat dalam pengembangan aplikasi sederhana yang dijalankan langsung dari browser.

6.Komunikasi Dua Arah
Dan yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, ini juga memfasilitasi komunikasi dua arah karena arsitektur MVVM-nya yang membuatnya cukup mudah untuk menangani blok HTML. Dalam hal ini, tampaknya sangat dekat dengan Angular.js yang juga mempercepat blok HTML.

Pada akhirnya, kita dapat mengatakan bahwa Vue.js memiliki keuntungan yang jelas atas semua kerangka kerja sebelumnya seperti Angular.js dan React.js. Singkatnya, ini menggabungkan fitur aneh dari semua kerangka lama.

1 comment: