Ngoding Jadi Solusi

First, solve the problem. Then, write the code

Ads Here

Monday, March 18, 2019

Memperbaiki 502 Bad Gateway di WordPress

Cara Mengatasi "502 Bad Gateway Error" di WordPress 

Penyebab Error 502 Bad Gateway dan Cara Mengatasinya

Kesalahan apa pun yang membuat situs WordPress Anda tidak dapat digunakan adalah masalah serius karena itu berarti kehilangan pendapatan, peringkat SEO yang buruk, dan banyak tekanan yang tidak semestinya bagi Anda. Salah satu kesalahan paling terkenal yang pernah ada di internet adalah kesalahan 502 gateway Error. Ini masalah yang menjijikkan dan membuat frustrasi karena bisa muncul karena sejumlah alasan, yang membuatnya sulit untuk memecahkan masalah dan memperbaikinya.


Tidak perlu khawatir, kami mendukung Anda. Jika Anda mencari cara untuk memperbaiki kesalahan 502 Bad Gateway di situs WordPress Anda. 

Apa itu 502 Bad Gateway Error ?

Istilah '502 Bad Gateway' pastinya sudah tak asing bagi para pengguna yang kerap mengakses internet dalam mendukung pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Namun tahukan Anda apakah arti sebenarnya dari istilah '502 Bad Gateway' ?

Menurut yang dilansir laman PC Support, '502 Bad Gateway' adalah indikasi sebuah situs sedang mengalami sistem error. Error ini umumnya terjadi karena terlalu besarnya request yang masuk, sehingga server yang dimiliki oleh sebuah situs mengalami overload karena tidak mampu menangani banyaknya request.

Pesan indikasi sistem error pada server sering muncul dalam berbagai bentuk yang berbeda-beda, antara lain:

  • "502 Bad Gateway"
  • "502 Service Temporarily Overloaded"
  • "Error 502"
  • "Temporary Error (502)"
  • "502 Proxy Error"
  • "502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request."
  • "HTTP 502"
  • "Bad Gateway: The proxy server received an invalid response from an upstream server."
  • "HTTP Error 502 - Bad Gateway"

Selain masalah ketidakmampuan server untuk menangani request, '502 Bad Gateway' juga dapat terjadi bila terdapat kesalahan pengaturan pada file konfigurasi .htaccess yang disediakan oleh web server Apache.
Sebenarnya permasalahan '502 Bad Gateway ' bukanlah sebuah masalah besar bagi para pengguna. Sebab, permasalahan ini tidak terjadi pada browser ataupun perangkat komputasi yang Anda gunakan. Namun hal ini pastinya akan mengganggu keasyikan Anda saat berselancar di jagat maya.

Meskipun kesalahan ini mungkin tampak bermasalah bagi rata-rata, sebenarnya sangat mudah untuk diperbaiki. Anda hanya perlu sedikit kesabaran untuk mencoba solusi berikut.

1.Refresh / reload web kamu

Seperti yang telah kami sebutkan, sebagian besar kesalahan 502 Bad Gateway terjadi di sisi server, lebih-lebih jika Anda menggunakan hosting bersama. Lonjakan tajam dalam lalu lintas mungkin menghabiskan sumber daya server. Di waktu lain, server Anda mungkin bertindak atau offline karena sejumlah alasan.

Penyedia hosting biasanya menyelesaikan masalah dengan segera karena pemilik situs web pastinya kesal downtime dengan penuh. Plus, mereka kehilangan pendapatan setiap kali situs offline.

Coba refresh/reload situs WordPress anda beberapa kali untuk melihat apakah kesalahannya hilang dengan sendirinya. Selain itu, coba peramban atau perangkat lain untuk melihat apakah kesalahan teratasi dengan sendirinya. Namun, untuk memastikan masalahnya tidak ada di sisi server, uji situs anda menggunakan alat seperti isup.me.

Namun, jika kesalahan tetap ada setelah mencoba perbaikan di atas, beralih ke solusi berikutnya dalam postingan ini.


2.Bersihkan cache browser

Apakah cara diatas kurang ampuh setelah melakukan refresh/reload browser kalian ? Anda dapat mencoba membersihkan cache browser anda secara langsung menggunakan tips yang kami uraikan tentang cara menghapus cache WordPress. Jika Anda masih terjebak dengan kesalahan, solusi berikut mungkin bisa membantu.

3.Nonaktifkan CDN Anda Untuk Sementara

Apakah Anda menggunakan jaringan pengiriman konten seperti CloudFlare, KeyCDN atau CDN lain untuk WordPress? CDNs biasanya mengarahkan lalu lintas situs web Anda ke server mereka untuk menawarkan kinerja dan keamanan situs yang lebih baik.

Apakah kesalahan hilang setelah menjeda CDN Anda? Jika demikian, biarkan layanan dijeda dan hubungi  dukungan mereka. Biasanya, mereka menyelesaikan masalah dengan cepat, yang berarti Anda harus melakukannya tanpa CDN untuk sementara waktu.

Setiap CDN memiliki antarmuka yang berbeda, artinya Anda perlu memeriksa dengan CDN Anda tentang cara menjeda layanan. Namun, dari pengalaman saya, menjeda CDN semudah pie, jadi saya tidak berharap Anda mengalami masalah.


4.Cek tema dan plugin

Tampaknya tidak bisa memperbaiki kesalahan sejauh ini? Mungkin masalahnya terletak pada plugin atau tema anda. Tema anda atau salah satu plugin anda dapat mengaktifkan skrip yang tidak cocok dengan server Anda.

Akibatnya, server menghentikan / tidak bekerja pada skrip anda, yang menyebabkan kesalahan 502 Bad Gateway



5.Jika Masalahnya masih tetap ada, Hubungi penyedia Host

Masih tidak dapat memperbaiki kesalahan 502 Bad Gateway di situs WordPress anda bahkan setelah mencoba semua solusi di atas?

Mungkin masalahnya ada di sisi server, jadi hubungi saja penyedia host anda dan dapatkan bantuan profesional.



Kesimpulan



Meskipun sedikit membingungkan dan membuat frustrasi, memperbaiki kesalahan 502 Bad Gateway dengan solusi yang saya uraikan dalam posting ini. Saya berharap artike ini dapat membantu masalah ini.

No comments:

Post a Comment