Ngoding Jadi Solusi

First, solve the problem. Then, write the code

Ads Here

Thursday, March 14, 2019

Jenis Jenis Jaringan Komputer - Pertemuan 1

Sudah sekian lama saya tidak menulis artikel dan kesempatan ini kebetulan saya mendapatkan tugas untuk membuat resume "Jenis - Jenis Jaringan". Mari langsung kita lihat materinya.



Tugas mandiri
•Buat resume untuk jenis-jenis jaringan komputer dan upload ke dalam blog mahasiswa:

  1. PAN
  2. LAN
  3. WAN
  4. MAN 

Jaringan Komputer 

Pada dasarnya jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat jaringan yang bisa saling berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan baik lewat media kabel atau lewat media gelombang radio (yg kita kenal dengan jaringan wifi) untuk membentuk jaringan local (LAN) antar computer dalam suatu tempat terbatas secara fisik. Satu jaringan local disatu tempat ini bisa saling berhubungan dengan jaringan local lain ditempat lain baik antar kota, antar propinsi atau bahkan melintasi geografis yang membentuk jaringan wide area network (WAN).

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

1. PAN (Personal Area Network)
PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal).
Kegunaan Jaringan PAN Personal Area Network
Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
Sebagai media komunikasi antara perangkatbsendiri (komunikasi personal)

Contoh Penggunaan Jaringan PAN

  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth


2. LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource dan saling bertukar data.

Media Transmisi LAN dapat berbentuk kabel seperti UTP, serat optik, coaxsial, dan Wirieles LAN (WLAN). Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10 - 100 Mbps. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 di mana hardware yang di gunakan adalah LAN Card/NIC.




Adapun beberapa Kelebihan dan kekurangan Jaringan LAN

Kelebihan LAN

  1. Keamanan lebih terjamin karena penggunaan IP lokal jaringan hanya sampai sebatas switch dan selanjutnya router akan menghubungkan dengan IP publik.
  2. Lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional.
  3. Pemakaian sumber daya secara bersama-sama.
  4. Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam merk.
  5. Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi.
  6. Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif.
  7. Transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal.
  8. Copy data antar PC menjadi lebih cepat.
  9. Tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
  10. Lebih irit dalam penggunaan kabel.

Kekurangan LAN

  1. Cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit.
  2. Area cakupan transfer data tidak begitu luas.
  3. Speed modem lambat, semakin banyak node semakin lemot koneksi internetnya.
  4. Ada kemungkinan password dapat ditembus.
  5. Perlu pengendali pemakain software.
  6. Software harus dirancang untuk multi user.
  7. Semua layer Model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan).
  8. Jika salah satu PC terkena virus, maka PC yang lain ikut terkena

3. MAN (Metropolitan Area Network

Ialah sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya. Jaringan MAN yaitu gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 sampai dengan 50 km, MAN ini adalah suatu jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Didalam jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai untuk mengatur paket data melalui kabel output. Tapi ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus yaitu telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut dengan DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel yaitu unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.


Sebetulnya ada dua jenis koneksi yang biasanya dipakai yakni yang pertama yaitu koneksi dengan cara memakai wireless dan yang kedua memakai kabel fiber optik. Sebagai contohnya yiatu pada jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya mempunyai kantor pusat dan kantor cabang. Di setiap kantor baik kantor cabang ataupun kantor pusat tentunya mempunyai LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN. MAN biasanya dapat menunjang data teks dan suara, bahkan bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio
4. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network (WAN), sama seperti LAN dan MAN, merupakan salah satu pengelompokan jenis jaringan yang didasarkan pada jangkauan geografil wilayah mencakup seluruh kota, negara bagian, ataupun negara. Wide area network (WAN) adalah jaringan yang secara geografis memiliki ruang lingkup atau skala jangkauan yang sangat besar. WAN menghubungkan jenis jaringan yang lebih kecil seperti Lokal area networks (LAN) dan Metro area networks (MAN). Hal ini untuk memastikan komputer dan pengguna di suatu lokasi dapat berkomunikasi dengan komputer dan pengguna yang lain di suatu lokasi yang berbeda. WAN bisa dijalankan dengan bantuan sebuah sistem transmisi publik atau jaringan pribadi. Dalam sebuah perusahaan, WAN dapat terdiri dari koneksi perusahaan pusat, kantor cabang, dan fasilitas perusahaan tersebut. Biasanya router atau perangkat multifungsi lainnya digunakan untuk mengkoneksikan LAN ke WAN.
Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suau komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket-paket data tersebut.
Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.
Sumber :
  • https://www.dictio.id
  • http://www.tutorialcarakomputer.com
  • https://dosenkomputer.com
  • https://jaringan-komputer.cv-sysneta.com

No comments:

Post a Comment